Kerajinan Miniatur dari Pyrex

Liputan6.com, Sidoarjo: Pyrex dikenal sebagai kaca yang tahan pada suhu panas tinggi. Kekuatannya melebihi kaca lainnya. Berbekal keterampilan dan imajinasi tinggi, pyrex bisa dibentuk menjadi kerajinan menarik. Usaha inilah yang digeluti Puji di Sidoarjo, Jawa Timur.

Puji mengawali usahanya dengan belajar di Kualalumpur, Malaysia, selama tiga tahun. “Kita diajari bagaimana caranya membuat kerajinan dari kaca pyrex,” ucap Puji kepada SCTV, baru-baru ini. Saat kembali ke Indonesia, Puji langsung membuka usahanya.

Bahan baku kaca pyrex diimpor langsung dari Jepang. Namun, belakangan ini Puji kerap membeli kaca antipanas di Indonesia. “Karena di Indonesia sudah ada distributornya,” tutur wanita berjilbab ini. Pyrex, katanya, biasanya dipakai di laboratorium sebagai alat pengaduk.

Menurut Puji, ada tiga jenis pyrex yang digunakan. “Kaca berdiameter 15 milimeter, 7 milimeter dan 11 milimeter,” ucap Puji. Alat bantu membuat kerajinan ini, antara lain pinset untuk menjepit pyrex yang tengah diproses. Ada pula klem yang mempunyai fungsi serupa dan matras.

Proses pembuatannya ialah kaca dipanaskan dengan suhu 750 derajat Celcius menggunakan oksigen dan elpiji untuk mengeluarkan api. Usai kaca lumer, pyrex baru bisa dibentuk. Nantinya, bentuk kerajinan akan disesuaikan dengan imajinasi si pembuat.

Beragam bentuk bisa dihasilkan dari pembuatan ini. Antara lain, gedung pencakar langit yang berukuran cukup besar. Adapula hiasan-hiasan kecil untuk pajangan di rumah, seperti bentuk kaligrafi dan miniatur manusia. Semua dibentuk sedemikian rupa agar terlihat menarik dan unik.

Harga yang ditawarkan Puji untuk setiap kerajinannya cukup bervariatif. “Kisaran harga paling murah ada Rp 10 ribu,” tutur wanita yang bisnisnya pernah terkena dampak lumpur Lapindo ini. Sedangkan yang termahal, kata puji, harganya bisa mencapai Rp 1 juta.(REN)

Puji: 0888-312-8882

Perumahan Magersari Permai Blok BA-16, Sidoarjo, Jawa timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: