Komang Mengolah Limbah Kaca Menjadi Barang Seni

Liputan6.com, Ubud: Dengan kreativitas dan inovasi tinggi, limbah kaca yang tidak terpakai dapat diolah menjadi barang-barang bernilai seni tinggi. Inilah industri rumahan yang digeluti I Komas Agus Purnawan di Ubud, Bali. Hebatnya, hasil karya Komang yang dimulai beberapa bulan silam ini sudah merambah mancanegara.

Limbah-limbah kaca didapatkan Komang dari para supplier kaca. Kendati demikian, berbagai kegagalan dialami komang. “Coba berkali-kali, barangnya pecah,” tutur Komang kepada SCTV, baru-baru ini. Hingga akhirnya, ia menemukan cara pas untuk membentuk limbah-limbah kaca tersebut. Bukan teknologi modern, melainkan dengan menggunakan alat-alat yang terbilang sederhana. Sebuah metode pengolahan kaca yang diperoleh Komang saat berada di Jepang.

Dalam proses pembuatannya, limbah kaca dimasukkan ke dalam oven bersuhu 2.000 derajat Celcius. Setelah mulai lunak, kaca lalu dibentuk dengan cara ditiup hingga mengeras. Ini bisa dilihat dari warna kaca yang kekuning-kuningan. Cara lain untuk membentuk kaca adalah menggunakan cetakan yang terbuat dari batubara. Hasilnya, kaca akan dihiasi motif beragam yang berasal dari cetakan. “Setelah itu tinggal di-finishing,” ungkap Komang dengan dialek khas Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: