Tas Anyaman dari Aluminium Foil

Liputan6.com, Tangerang: Slamet Riyadi, pengusaha anyaman di kawasan Sudimara Pinang, Tangerang, Banten, menggunakan limbah pabrik berupa aluminium foil dari kemasan pasta gigi untuk dibuat menjadi kerajinan anyaman. Usaha ini diberi nama Tas Anyam Lumintu. Ini singkatan dari lumayan itung-itung nunggu tutupnya umur, karena sebagian besar pekerjanya adalah ibu-ibu lanjut usia.

Kepada SCTV, baru-baru ini, Slamet mengaku mengambil bahan-bahan baku dari limbah pabrik yang tidak terpakai. Limbah pabrik ini biasa berupa lembaran aluminium foil berukuran satu meter hingga tiga meter. Kemudian, bahan tersebut disambung dengan isolasi agar merekat lebih kuat. Hingga akhirnya melewati proses penyisiran dan pemotongan.

Aluminium foil tersebut nantinya dipotong sesuai dengan kebutuhan. “Ukuran 60 sentimeter bisa untuk membuat tempat pensil atau dompet kecil,” tutur Slamet. Sedangkan untuk membuat tas anyaman diperlukan 1,5 meter hingga 1,8 meter aluminium foil. Untuk pengerjaannya akan diserahkan kepada ibu-ibu lansia.

Setiap proses pengerjaan bisa menghasilkan sekitar 30 jenis kerajinan anyaman, di antaranya tas wanita, tas seminar, koper, dan travelling bag. Tak hanya itu, aluminium foil tersebut bisa juga dianyam menjadi tikar, sajadah, serta tikar sebagai lapis kap lampu. Bahkan bisa dijadikan sekadar dekorasi.(REN/TIm Liputan 6 SCTV)

Slamet Riyadi

Jalan K.H. Hasyim Ashari, Gang Kemuning,

Sudimara Pinang, Tangerang

Telepon: (021) 98241317

1 Comment

  1. yuki24 said,

    June 1, 2010 at 2:25 pm

    semoga dengan informasi kewirauasahaan pada blog saya memberikan gambaran kepada semua yang membuka dan mengaplikasikan di tempat – tempat anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: