APA ITU BLOG DAN CARA MEMBUATNYA. (part-1)

Ditulis oleh Wawan Maaryuki S.
Minggu, 25 Mei 2010 11:28

1.    Apa itu Blog ?
Blog ( singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih berat kepada penggambaran dari si pembuat blog itu sendiri.
Blog atau weblog merupakan tren gaya hidup digital yang kian berkembang, hari demi hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan.
Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan , jadi bagi kita-kita yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan. Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin anda bisa.

Berikut ini adalah asumsi yang digunakan sebelum Anda mulai membuat blog:
1.    Anda sudah memiliki account e-mail.
2.    Anda terkoneksi dengan Internet saat mengerjakan blog.
3.    Anda bisa menggunakan program Notepad atau text editor lain.
4.    Anda paham istilah dan penggunaan copy atau paste.

LANGKAH PEMBUATAN BLOG WORDPRESS (part-1)

1.    Buka http://www.wordpress.com
2.    Klik Sign Up
3.    Isi form

a.    Username: -> Ketik atau isi nama blog sesuai dengan keinginan (paling sedikit empat huruf/angka.
b.    Password: Isi password atau kata sandi (sedikitnya enam huruf/angka). yang anda kehendaki seunik mungkin tetapi mudah anda ingat. Saya sarankan; gunakan kata sandi yang sama dengan kata sandi email anda biar mudah diingat.
c.    Confirm: Ulangi password yang sama dengan di atas.
d.    Email Address: Isi email Anda (apabila belum punya email, buat dulu di gmail.com atau yahoomail.com)
e.    Legal flotsam: Klik hingga tanda seleksi muncul tanda tik di kotak yang tersedia sebagai tanda “setuju” dengan perjanjian.
f.    Beri tanda tik atau Klik pada menu “Gimme a blog” (biasanya sudah otomatis ada tanda tik di sini).
g.    Beri tanda tik pada menu “Just a username, please”. Hal ini dimaksudkan agar saat masuk ke Dasbor nanti cukup memasukkan nama anda saja + password-nya.
h.    Klik “Next”
Akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Setelah klik Next akan muncul tampilan ini (Saya translasi ke bahasa Indonesia): Sebuah email telah dikirim ke email anda (saya contohkan email saya) untuk mengaktifkan akun anda. Cek inbox di email anda dan klik link di pesan tersebut. Pesan email tersebut akan anda terima dalam waktu selambat-lambatnya 30 menit. Jika anda tidak mengaktifkan akun anda dalam 2 hari, anda harus melakukan sign-up lagi. Lihat gambar contoh email berikut.

Klik link alamat http untuk melakukan aktifasi akun wordpress anda,


Ketik nama anda berserta passwordnya, lalu klik log in untuk masuk ke dasbor global.(Pada pojok kiri atas).

Anda kini sudah memiliki akun di wordpress, tetapi belum dapat membuat blog. Fasilitas membuat blog normalnya akan sudah tampil dalam waktu kurang lebih 30 menit. Sekarang klik Log out untuk keluar.

Catatan:
•    Di wordpress.com, satu account hanya untuk satu blog. Ini berbeda dengan blogger.com/blogspot di mana satu account bisa untuk membuat beberapa blog.

•    Kelebihan wordpress.com dibanding blogger.com adalah (1) comment friendly: pengunjung mudah berkomentar karena kotak komentar langsung terbuka di bawah posting. Bagi Anda yang suka dikomentarin, wordpress cocok untuk Anda; (2) Posting terbaru akan muncul beberapa saat di Dashboard (Menu Utama) seluruh pemakai wordpress.com, apabila posting Anda cukup menarik Anda juga berkesempatan masuk BOTD (best of the day) yakni 10 posting terbaik hari itu dan akan muncul selama sehari di Menu Utama (Dashboard) seluruh pemakai wordpress.com. Untuk BOTD ini diklasifikasi berdasar bahasa. Pastikan Anda memilih Bahasa Indonesia pada saat mendaftar (lihat poin 3.i.).

•    Kekurangan wordpress.com dibanding blogger.com/blogspot adalah javascript tidak berfungsi (disabled) artinya Anda tidak bisa memasang iklan apapun–AdSense, Adbrite, dll–di wordpress.com. Tidak masalah buat blogger yang memang betul-betul ingin ngeblog saja, tanpa ada niat untuk iseng-iseng pasang iklan. Bagi yang ingin pasang iklan, dapat juga di blog gratis yang pakai software wordpress juga seperti blogsome.com atau blogs.ie. Sayangnya, kedua penyedia blog gratis ini masih memakai software wordpress lama (tak ada fasilitas widget, dan lain-lain).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: