Pisang, Sarapan Padat Nutrisi

 

 

 

 

 

 

Apakah anda tipe orang yang suka sarapan? Banyak yang meyakini bahwa nutrisi yang terkandung pada menu sarapan menjadikan kita lebih mudah konsentrasi dan aktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, sarapan sering  diabaikan dengan alas an aktivitas yang terlalu padat, keterbatasan keuangan, dan lain sebagainya. Padahal kalau kita mau sarapan, banyak sekali menu sarapan yang tidak membutuhkan  waktu lama dalam menyajikannya dan biaya yang mahal, minimalis namun tetap padat nutrisi.

Tentu kita semua telah memahami betapa pentingnya nutrisi tubuh kita. Selama hidup, kebutuhan akan nutrisi yang tepat dan seimbang setiap hari adalah modal untuk melakukan aktivitas. Nutrisi yang dibutuhkan setiap jenjang usia berbeda dikarenakan ada banyak perbedaan aktivitas. Terutama untuk pelajar dan remaja, nutrisi berguna sebagai melengkapi pertumbuhan dan otak dalam masa belajar. Maka tidak ada salahnya kita mengenali nutrisi yang tepat pada menu makanan untuk aktivitas keseharian kikta.

Pisang termasuk buah yang padat nutrisi dan energy. Tekturnya yang lembut membuat pisang sering dijadikan buah pilihan untuk makanan bayi. Bagi anak-anak, pisang dan olahannya juga bias menjadi bekal sehat ke sekolah. Bagi remaja dan orang dewasa pisang dapat dijadikan alternatif sarapan padat nutrisi. Konsumsi pisang tersebut membantu proses belajar dan aktivitas mereka.

Pisang juga dikenal sebagai buah yang tinggi kandungan kalsium serta magnesium. Kandungan kedua mineral ini sangat berguna bagi system kardiovaskular serta kesehatan otot dan syaraf. Kalium yang terdapat pada pisang inilah yang berperan meningkatkan konsentrasi belajar anak, remaja, dan aktivitas orang dewasa. Rasio kalium terhadap natrium yang cukup tinggi pada pisang sangat baik untuk kesehatan, khususnya sebagai pencegahan tekanan darah tinggi(hipertensie).

Selain itu kandungan vitamin B kompleks pada pisang yang cukup tinggi juga mampu mempertahankan aktivitas kerja system syaraf. Hal inilah yang mendorong pelajar bias berkonsentrasi lebih lama. Dalam satu buah pisang memang  terkandung banyak zat gizi. Kandungan vitamin dan mineralnya lebih unggul disbanding buah dan sayuran lain, terutama untuk vitamin B6(piridoksin), C, Kalium, serat, dan mangan. Kandunagan piridoksin yang tinggi, flavonoid serta alkanoid yang terdapat pada pisang, diduga memiliki antidiabetes.

Jika dibandingkan dengan apel, pisang mengandung 4 kali lebih banyak protein, dua kali lebih banyak fosfor, lima kali lebih banyak vitamin A dan zat besi, seerta dua kali lebih banyak vitamin dan mineral lainnya.

Bagi remaja yang mengalami anemia, pisang merupakan makanan yang baik. Ini karena pisang kaya akan zat besi yang dapat merangsang pembentukan sel darah merah, kadar sel darah merah yang cukupp sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan metabolism dalam tubuh. Tambahan lagi, dengan mengkonsumsi pisang, remaja dengan golongan darah apapun tidak akan mudah sembelit, seperti yang terjadi bila diberi suplemen zat besi.

Banyak yang bisa diperolah dari satu buah pisang. Selain sangat bermanfaat mencukupi kebutuhan nutrisi, pisang juga bermanfaat dalam meningkatkan daya pikir, mencegah stress, mengobati radang cerna, serta menyehatkan mata.

Pisang yang dapat dikonsumsi langsung dan ada juga yang diolah terlebih dahulu. Misal pisang olahannya, molen pisang, jus pisang, pisang goring, atau donat pisang.

Setelah memahami nutrisi yang terdapat pada pisang tentu tidak ada alasan  bagi kita untuk mengabaikan sarapan sehat. Pisang mudah dicari dan dibeli dengan harga murah, mudah dikonsumsi dan diolah serta padat nutrisi. Mari kita hidup sehat dan sarapan sehat setiap hari dan meningkatkan skill dalam aktivitas sehari-hari.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: